Minggu, 30 Desember 2018

4 Makanan Khas Palembang yang Sayang untuk Dilewatkan


4 Makanan Khas Palembang yang Sayang untuk Dilewatkan! Pada umumnya orang mengenal kuliner khas Palembang hanya Pempek. Sebenarnya Palembang memiliki makanan khas lain yang juga tak kalah lezat dari Pempek. Jika Anda berkunjung ke Palembang, jangan sampai melewatkan kuliner ini. Berikut kuliner khas Palembang yang harus Anda cicipi.

Makanan Khas Palembang
Makanan Khas Palembang















1. Tekwan
Makanan yang satu ini memiliki bahan baku hampir sama dengan pempek. Hanya saja, cara penyajian tekwan lebih seperti bakwan. Makanan khas Palembang ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling halus lalu dicampur tepung terigu dan tepung. Kuliner ini akan lebih nikmat dinikmati selagi panas karena memiliki kuah yang terbuat dari kaldu ikan tenggiri itu sendiri.
2. Lenggang
Makanan khas Palembang yang satu ini sebenarnya terbuat dari pempek lenjer yang dipotong-potong. Kemudian dimasukkan dalam kocokan telur dan digoreng secara bersamaan. Bentuknya seperti telur dadar hanya saja terdapat toping pempek. Penyajian lenggang juga dilengkapi dengan kuah cuko seperti pempek. Bagi Anda yang bosan makan pempek, lenggang bisa menjadi alternatif makanan Anda.
3. Pindang Patin
Kuliner ini terbuat dari ikan patin yang dimasak bersama kuah nanas. Makanan khas Palembang ini sejatinya adalah sup ikan patin dengan rasa pedas dan sedikit asam. Pindang patin biasanya dilengkapi dengan sambal mangga atau sambal tempoyak untuk menambah kelezatan kuliner ini. Anda bisa menikmati makanan berkuah ini selagi panas saat musim hujan.
4. Mie Celor
Tidak semua makanan khas Palembang terbuat dari olahan daging ikan. Kuliner yang satu ini terbuat dari mie asli Palembang. Mie celor yaitu mie tebal yang disajikan dengan kuah dari kaldu kepala ikan. Kuah yang kental dan rasa mie yang kenyal membuat makanan ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Palembang. Agar menambah kelezatan makanan ini tak lupa ditambahkan tauge, bawang goreng, irisan seledri, dan irisan telur rebus. Anda bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di Palembang.
Itulah kelima makanan khas Palembang yang sayang sekali jika tidak dicoba. Saat Anda ke Palembang, sebaiknya sempatkan waktu untuk melakukan wisata kuliner dan mencicipi makanan khas kota ini. Selain bisa menambah pengetahuan soal makanan tiap daerah, juga bisa untuk oleh-oleh karena beberapa makanan di Palembang bisa bertahan hingga beberapa hari.

1 komentar: