Minggu, 30 Desember 2018

Ingin Buka Website? Pelajari Dulu Apa itu Maintenance Website



Salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah website, adalah maintenance website atau pemeliharaan website. Hal ini Anda senantiasa perhatikan dan lakukan, guna menjaga website agar terus berjalan dengan lancar. Apalagi, jika kegiatan yang Anda memiliki tergolong banyak sehingga sulit membagi waktu. Sebenarnya, apa itu maintenance website? Di bawah ini sudah dijelaskan mengenai pengertian maintenance website beserta dua jenis sistem pemeliharaan website.

Maintenance website atau sistem pemeliharaan website adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara dijadwalkan atau teratur untuk menjaga website tetap berjalan secara lancar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga informasi yang ada pada website terus up to date sehingga website tidak tampak terlantar.

Selain itu, maintenance website ini juga berfungsi untuk memelihara website dari ancaman keamanan seperti peretasan atau hal-hal lain. Program keamanan pada maintenance website akan langsung meluncurkan modus pemeliharaan saat terdeteksi bahwa website anda telah mengalami gangguan yang sekiranya dapat membahayakan.

Setelah pengertian apa itu maintenance website, ada juga pengertian mengenai dua jenis sistem pemeliharaan website. Apa saja dua sistem tersebut?

1.      Technical Maintenance
Sistem ini bekerja di bagian teknis suatu website. Contohnya untuk mendeteksi error pada tombol, website yang lemot karena sisa browsing yang menumpuk, atau masalah lainnya. Bila Anda menginginkan jasa maintenance website, biasanya tidak dipungut biaya untuk mengoperasikan hal ini. Namun, disertai oleh syarat dan ketentuan dengan jasa pemeliharaan teknis website ini.

2.      Content Maintenance
Berbeda dengan jenis sistem sebelumnya, sistem pemeliharaan ini bekerja pada konten website yang Anda jalankan seperti postingan atau thread, informasi berita, foto-foto atau konten lainnya. Jasa pemeliharaan ini juga bekerja untuk terus meng-update isi website. Akan tetapi, untuk pemeliharaan konten, biasanya akan dipungut sedikit biaya.

Pemeliharaan website sangat penting dan dibutuhkan oleh fungsi situs itu sendiri. Apalagi jika Anda ingin merancang website yang aktif digunakan dan ramai dikunjungi dan dibaca. Tidak hanya itu, menggunakan maintenance website akan membuat website Anda terindeks oleh Google dengan lebih cepat. Seperti itulah penjelasan dari apa itu maintenance website sistem-sistemnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar