Rabu, 09 Januari 2019

Manfaat Komputasi Awan AWS Bagi Bisnis dan Perusahaan


Manfaat Komputasi Awan AWS Bagi Bisnis dan Perusahaan- Kehadiran cloud computing atau yang lebih dikenal dengan komputasi awan kini semakin populer dan menjadi bahan pembicaraan bagi banyak korporasi maupun para pelaku bisnis. Dengan mengadopsi internet sebagai media penyimpanannya, layanan komputasi awan dinilai mampu memberikan efisiensi dalam melayani kebutuhan sebuah sistem informasi dan juga sumber daya manusia bagi sebuah bisnis.

komputasi awan aws













Untuk pertumbuhan nilai total pemasaran komputasi awan AWS di Indonesia setiap tahunnya mengalami perkembangan. Meskipun pertumbuhannya dapat dikatakan terus naik tiap tahunnya, namun dinilai masih tergolong lambat jika dibandingkan dengan negara lainnya seperti di Singapura dan Korea Selatan.

Lambatnya pertumbuhan penggunaan layanan komputasi awan AWS di tanah air disebabkan masih banyaknya perusahaan yang belum sepenuhnya memanfaatkan layanan cloud computing karena adanya pemahaman yang kurang tepat  mengenai layanan ini. Misalnya banyak perusahaan yang masih menganggap cloud computing sebagai media backup storage saja dan merasa lebih aman menggunakan perangkat lunak maupun infrastruktur perangkat keras milik perusahaan sendiri.

Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah kurangnya sosialisasi mengenai manfaat dan kehandalan teknologi komputasi awan AWS ini serta belum optimalnya bandwidth yang mempengaruhi kecepatan maupun reliabilitasnya pada media jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan layanan cloud computing. Padahal jika pihak perusahaan atau pelaku bisnis mengetahui manfaat menggunakan teknologi ini akan sangat menguntungkan.

Manfaat yang pertama adalah sistem yang cukup berkualitas dengan harga yang lebih murah, hal ini dikarenakan layanan komputasi awan AWS merupakan layanan yang dikembangkan terus menerus oleh penyedia layanan, baik dari sisi performansi maupun keamanannya. sHal ini menjadikan layanan ini menjadi lebih dinamis dan handal karena dapat menyesuaikan dengan penggunaan teknologi terbaru.

Kedua, teknologi komputasi awan AWS dapat menekan permasalahan operasional dimana dapat mengurangi waktu yang dipakai untuk mengatasi permasalahan-permasalahan teknis perangkat keras maupun perangkat lunak yang mendukung suatu bisnis. Pada akhirnya membuat bisnis bisa lebih fokus kepada hal-hal lain yang lebih penting saja.

Ketiga, efisiensi anggaran yang lebih murah untuk sumber daya khususnya bila dibandingkan  sumber daya manusia, pengguna layanan komputasi awan AWS tidak memerlukan staf ahli khusus sehingga anggarannya dapat dialihkan untuk hal lainnya. Keempat, modal investasi yang dibutuhkan saat menggunakan layanan ini akan jauh lebih kecil dibandingkan membangun dan merawat infrastuktur perangkat keras maupun perangkat lunak milik sendiri.

Terakhir, dengan banyaknya pilihan layanan yang ditawarkan oleh komputasi awan AWS ini, maka bisnis saat ini dapat berinovasi sendiri mengkombinasikan layanan-layanan yang ada untuk memberikan nilai lebih pada bisnis yang dijalankan. Selain itu, jika membutuhkan sumber daya IT baru, hanya tinggal klik saja. Ini dapat mengurangi waktu Anda untuk menyediakan sumber daya bagi pengembangan perusahaan dari yang tadinya memerlukan waktu berminggu-minggu menjadi hitungan menit. Tentunya sangat meningkatkan fleksibilitas bagi organisasi, karena biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk bereksperimen dan berkembang akan berkurang jauh.

Dengan adanya beberapa manfaat tersebut, dapat menguntungkan perusahaan. Pekerjaan dapat lebih terfokus dan lebih efektif. Layanan komputasi awan AWS ini memang perlu diinformasikan kepada lebih banyak pebisnis agar dapat lebih efektif menjalankan aktivitas perusahaan dan lebih efisien dari segi biaya. Hal ini tentunya dapat membuat aktivitas perusahaan lebih lancar dan bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi pun akan lebih meningkat. Demikianlah uraian mengenai manfaat komputasi awan untk kegiatan bisnis. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar