Jumat, 25 Januari 2019

Tips Mengoptimalkan Memori di Smartphone Vivo Agar Multitasking Lancar



Tips Mengoptimalkan Memori di Smartphone Vivo Agar Multitasking Lancar – 
Memori penyimpanan yang penuh akan membuat fitur multitasking tersendat. Sebab dari kapasitasnya yang tidak mencukupi, smartphone akan kesulitan dalam mengakses setiap perintah. Hal ini juga berlaku pada smartphone Vivo. Jenis ponsel satu ini dikenal dengan kapasitas RAM dan memori internalnya yang besar. Hanya saja jika tidak dioptimalkan secara baik, memori penyimpanan pada Vivo akan menjadi cepat penuh. Baik oleh file tidak terpakai, cache, dsb.




File yang sifatnya ganda juga bisa membuat memori Vivo menjadi cepat penuh. Maka dari itu, optimalkan terlebih dulu memori penyimpanannya. Cara mengoptimalkannya sangat mudah. Yakni dengan melakukan efisiensi terhadap penyimpanan, memanfaatkan fitur SD Card, sampai beberapa fitur optimalisasi penyimpanan yang tersedia di perangkat tersebut. Bagi pengguna ponsel Vivo, maksimalkan multitasking perangkat dengan memori yang lebih optimal. Berikut ulasan tips selengkapnya. Atau Anda bisa simak di link kami https://www.teknocanggih.com.

Tips Mengoptimalkan Memori di Smartphone Vivo

1. Pindahkan aplikasi ke SD Card

Untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, anda bisa masuk ke menu Settings. Kemudian tekan Setelan Tambahan dan Manajemen Aplikasi. Pilih aplikasi apa yang akan anda pindahkan. Kemudian tekan tombol Pindahkan ke SD Card. Memori penyimpanan pun akan lebih lega dengan memindahkan aplikasi ke SD Card. Efeknya, kinerja multitasking Vivo akan lebih optimal. Sebaiknya jangan dipindah semuanya. Pilih aplikasi yang sekiranya memiliki kapasitas besar guna meringankan beban penyimpanan ponsel.

2. Manfaatkan fitur iManager

iManager pada smartphone Vivo bermanfaat membersihkan data ketika aplikasi sedang diam dalam waktu lama. Pada saat yang sama pun android akan otomatis membersihkan file lama yang menumpuk di RAM. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut pada menu pengaturan. Selain mampu membersihkan file yang tak terpakai, fitur tersebut juga bermanfaat untuk mengatur kapasitas memori sehingga penggunaannya semakin efisien.

3. Bersihkan file double

File yang memiliki kemiripan sama atau yang double hanya akan membuat memori penyimpanan penuh. Maka bersihkan file double dengan memanfaatkan fitur Photo Cleanup. Biasanya file double ini terjadi karena pengiriman melalui aplikasi chatting, efek postingan di media sosial, dll. Selain menggunakan Photo Cleanup, anda bisa memindahkan foto atau video yang masih diperlukan ke komputer atau cloud agar ruang penyimpanan semakin lega. 

4. Bersihkan cache

Cache yang menumpuk juga menyebabkan memori penyimpanan cepat penuh dan memengaruhi kinerja ponsel Vivo anda. Untuk membersihkan cache, buka menu Pengaturan dan pilih Manajemen Aplikasi. Tekan opsi Semua dan cari aplikasi yang akan anda hapus cachenya. Kemudian tap Hapus Cache. Lakukan satu per satu di setiap aplikasi agar kinerja ponsel lebih ringan.

5. Hapus data aplikasi offline

Data aplikasi offline merupakan data yang disediakan aplikasi dan bisa dinikmati secara offline. Misalnya dari Google Music, Joox, hingga Youtube. Jika menumpuk akan menyebabkan memori ponsel cepat penuh. Untuk membersihkannya buka aplikasi yang anda maksud. Contohnya Youtube. Pilih menu Pengaturan kemudian tekan Unduhan dan klik Hapus Unduhan.
Demikian beberapa tips yang bisa anda gunakan agar smartphone Vivo semakin optimal dalam hal multitasking. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar