Kamis, 07 Maret 2019

Jual Batu Bata Merah, Kenali Dulu Kualitasnya


Jual Batu Bata Merah, Kenali Dulu Kualitasnya! Batu bata merah adalah jenis material bangunan yang umumnya digunakan untuk struktur tembok. Semakin bagus kualitas batu bata merah, akan semakin kokoh dinding yang dihasilkan. Kekuatan dan kokohnya dinding akan membuat bangunan awet, tahan lama dan dinding tidak mudah retak. Inilah yang menjadikan batu bata merah termasuk bahan bangunan yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Meskipun telah muncul banyak material pembuat struktur dinding yang lain dan lebih modern.



Batu bata merah dibuat dengan mencetak tanah liat pada ukuran dan bentuk tertentu. Kemudian tanah liat yang sudah dibentuk harus melalui proses pembakaran yang panjang. Proses pembakaran ini yang menjadikan batu bata merah menjadi keras dan berwarna merah. Meskipun keras, namun tetap saja batu bata merah rawan patah. Karenanya, Anda harus jeli saat membelinya dari produsen yang jual batu bata merah.

Batu bata memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah batu bata biasa yang memiliki tekstur lebih kasar. Warna yang dihasilkan dari proses pembakaran juga tidak akan selalu sama. Batu bata merah biasa ini umumnya dihasilkan dari proses tradisional yang belum memanfaatkan teknologi. Produsen yang jual batu bata merah jenis ini biasanya adalah produsen dari desa atau sentra pembuat batu bata. Batu bata jenis ini direkatkan dengan campuran semen dan biasanya masih harus ditutupi lapisan cat.
Jenis batu bata kedua adalah batu bata muka yang memiliki permukaan lebih halus. 

Batu bata muka telah banyak melibatkan alat canggih dan cara yang modern dalam pembuatannya. Karenanya batu bata yang dihasilkan bisa lebih halus dan warnanya lebih banyak sama. Dengan wujud yang lebih bagus, batu bata muka dihargai lebih mahal dari batu bata merah biasa. Batu bata jenis ini biasa digunakan untuk dinding eksterior atau dinding ekspos sebagai dekorasi. Hasil dari pemasangan batu bata muka akan menampakkan kesan klasik.

Ada satu lagi jenis batu bata yang mungkin Anda temui di produsen yang jual batu bata merah yaitu batu bata pasir kapur. Dari namanya sudah jelas bahwa batu bata ini dibuat bukan dari tanah liat melainkan dari pasir dan kapur. Batu bata yang dihasilkan menjadi lebih kuat. Batu bata pasir kapur sangat cocok digunakan untuk tembok yang terendam air. Karena strukturnya yang kuat, batu bata pasir kapur tidak akan gampang rusak meski terendam air dalam waktu yang lama.

Saat Anda membeli batu bata dari produsen yang jual batu bata merah, Anda harus memastikan dulu kualitasnya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memukulkan potongan besi pada batu bata merah. Jika terdengar bunyi nyaring, maka batu bata merah tersebut memiliki kualitas yang bagus. Anda juga bisa membelah sebuah batu bata untuk memastikan kualitasnya. Jika warna merahnya merata maka batu bata tersebut layak digunakan.

 Baca Juga Artikel lain di : https://www.blogger.com/

Selain itu, ada cara lain yaitu dengan merendam batu bata di dalam air. Semakin sedikit air yang terserap, semakin tinggi tingkat kerapatan batu bata tersebut dan semakin bagus kualitasnya. Anda juga perlu mengetahui reputasi dari toko atau produsen yang jual batu bata merah. Di beberapa daerah di Indonesia, Anda bisa membeli batu bata merah langung dari pembuatnya. Ini bisa lebih menjamin kualitas batu bata. Namun jika Anda berada di wilayah yang jauh dari pusat produksi batu bata, maka pilihkan toko bangunan yang telah terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar