Jumat, 01 Maret 2019

Menanamkan Jiwa Kewirausahaan untuk Kesuksesan dan Pengembangan Bisnis


Menanamkan Jiwa Kewirausahaan untuk Kesuksesan dan Pengembangan Bisnis. Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar untuk mencari peluang menuju sebuah kesuksesan.  Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya akan diawali dengan munculnya ide-ide dan pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kreativitas merupakan kemampuan dalam mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan untuk inovasi adalah suatu kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang.

Pengembangan Bisnis
Ciri-ciri orang yang memiliki sebuah jiwa dan sikap kewirausahaan antara lain penuh percaya diri, penuh rasa keyakinan, optimis, berkomitmen, disiplin, dan bertanggung jawab.
Ciri lainnya memiliki inisiatif, penuh energi, cekatan dalam bertindak, dan aktif. Selanjutnya memiliki motif berpretasi, orientasi pada hasil dan wawasan ke depan. Ciri lainnya memiliki jiwa kepemimpinan seperti berani tampil beda, dapat dipercaya dan tangguh dalam bertindak. Sifat kewirausahaan ini bisa Anda pelajari lebih banyak lagi di https://www.pahlevi.net/

Proses Kewirausahaan biasanya diawali dengan suatu aksioma, yaitu berupa adanya tantangan. Dari tantangan tersebut itulah maka akan timbul gagasan, kemauan dan dorongan untuk berinisiatif. Semua itu memunculkan pikiran kreatif dan bertindak inovatif, sehingga tantangan awal tadi teratasi dan terpecahkan. Sebuah ide kreatif dan inovatif wirausaha tidak sedikit yang diawali dengan sebuah proses imitasi (peniruan) dan duplikasi, kemudian akan berkembang menjadi sebuah proses pengembangan dan berujung pada proses penciptaan sesuatu yang baru.

Fungsi dan peran sebuah kewirausahaan dapat Anda lihat melaui dua pendekatan, yaitu secara mikro dan makro. Secara mikro, Anda seorang wirausaha memiliki dua peran, yaitu sebagai penemu dalam (innovator) dan perencana (planner). Sedangkan secara makro, peran Anda seorang wirausaha adalah menciptakan kemakmuran, pemerataan kekayaan, dan kesempatan kerja yang berfungsi sebagai mesin pertumbuhan perekonomian suatu negara. Banyak fungsi dan peran kewirausahaan ini bisa Anda pelajari di https://www.pahlevi.net/

Ide dapat menjadi sebuah peluang apabila Anda bisa melakukan evaluasi terhadap peluang tersebut secara terus-menerus. Beberapa pengetahuan yang harus Anda miliki sebagai seorang wirausaha adalah Pengetahuan mengenai berbagai usaha yang akan dimasuki atau yang akan dirintis dan lingkungan usaha yang ada. Pengetahuan akan sebuah peran tanggung jawab. Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi.

Sedangkan untuk keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang  wirausaha antara lain keterampilan konseptual dalam hal mengatur strategi dan memperhitungkan resiko. Selanjutnya keterampilan dalam menciptakan nilai tambah. Kemudian keterampilan dalam memimpin dan mengelola. Lainnya keterampilan dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Serta keterampilan teknik usaha yang dilakukan. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses tentu saja Anda harus memiliki kompetensi dalam menghadapi resiko dan tantangan tersebut. Kompetensi tersebut bisa diartikan sebagai suatu pengetahuan, keterampilan dan kemampuan Anda yang langsung berpengaruh pada hasil.

Modal Kewirausahaan yang harus Anda miliki sebagai seorang wirausaha antara lain modal Intelektual yang dapat diwujudkan dalam bentuk ide-ide sebagai modal utama yang disertai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, komitmen, dan tanggung jawab sebagai modal tambahan. Modal sosial dan moral, hal ini dapat diwujudkan dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan, sehingga dapat terbentuk sebuah citra.

Modal selanjutnya yaitu modal mental. Hal ini berupa kesiapan mental berdasarkan landasan agama dan diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi resiko dan tantangan. Terakhir yaitu modal material yang merupakan modal dalam bentuk uang atau barang.

Semua keilmuan tentang kewirausahaan ini bisa Anda pahami dan pelajari di https://www.pahlevi.net/ Anda bisa terus melihat berbagai peluang dalam bisnis ini. Sehingga bisnis tersebut bisa Anda tekuni dengan baik dan lancar.

1 komentar: