Kamis, 14 Maret 2019

Tips Menghafal Rumus Agar Belajar Makin Mudah


Tips Menghafal Rumus Agar Belajar Makin Mudah. Siapa yang tidak mengenal pelajaran Matematika, Fisika, atau Kimia? Sejak kecil kita sudah sering mendengar pelajaran Matematika, yaitu pelajaran yang dikenal akan rumitnya suatu perkalian, pertambahan, pembagian, rumus-rumus, akar kuadrat, dan lain-lain. Awalnya ilmu tersebut ditemukan oleh beberapa ilmuwan ternama pada masanya, seperti Thales, Pythagoras, Socrates, Archimedes dan masih banyak ilmuwan-ilmuwan lain yang menemukan teori yang hingga saat ini masih dikenal dan dipakai karyanya.

tips menghafal rumus 

Ilmu Matematika sendiri telah diajarkan sejak kita di TK dimulai dari materi paling dasar yaitu tentang pertambahan, pengurangan, pembagian hingga perkalian. Berlanjut di Sekolah Dasar yang masih melanjutkan pendidikan Matematika di TK. Di Sekolah Menengah Pertama (SMP ataupun MTs) anak didik akan diajarkan tentang Aljabar, Statistika,Peluang, Bilangan deret, Bangun Ruang sisi dan lain-lain. Lalu Sekolah Menengah Atas (SMA ataupun MA) di sini guru akan memberikan materi tentang Integral, Program Linier, Matriks, Vektor, logaritma dan lain-lain. Pelajaran ini tidak berhenti di masa sekolah, tetapi juga akan kita temukan di bangku kuliah menyesuaikan dengan jurusan yang kita pilih.

Banyak sekali siswa mengeluhkan perihal pelajaran yang sulit untuk dimengerti dan dihafal, salah satunya yaitu pelajaran Matematika. Mereka beranggapan bahwa pelajaran tersebut adalah pelajaran tersulit,  rumus-rumus yang cukup banyak dan sulit untuk dihafalkan dan salah satu pelajaran yang ditakuti mereka saat menghadapi ujian, karena matematika adalah salah satu pelajaran yang wajib diujikan saat Ujian Nasional atau UN.Berikut saya akan memberikan
tips menghafal rumus agar belajar makin mudah.

Niat

Yang terpenting dari usaha yang kita lakukan adalah niat. Sesuai dengan hadist Rasulullah yang berisi bahwa semua amal itu bergantung pada niat seseorang. Maka sebelum kita memulai menghafal dan mempelajari rumus tersebut alangkah lebih baik kalau kita mengawalinya dengan memperbaiki dan meluruskan niat semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Belajarlah Untuk Menyukai

Tips menghafal rumus agar belajar makin mudah yang kedua adalah belajar menyukai pelajaran tersebut. Dengan memiliki pikiran yang positif, maka kita akan merasa pelajaran itu mudah dan mengasyikkan lalu diri kita akan lebih mudah untuk menerima pelajaran sesulit apa pun pelajaran itu.

Menghafal Rumus Menggunakan Warna

Setiap rumus bisa kita warnai dengan warna yang berbeda-beda. Contoh: rumus kubus  diberi warna hijau dan rumus balok berwarna kuning. Lebih baik lagi kalau menggunakan warna-warna cerah dengan maksud warna yang cerah tersebut dapat memanjakan mata agar lebih rileks dalam melihat rumus-rumus yang cukup membingungkan.

Menghapal Rumus dengan Menggunakan Kata ganti atau Kalimat

Rumus dapat kita ganti dengan kata ganti atau kalimat yang mudah untuk diingat atau yang sering dipakai sehari-hari. Ini juga menjadi salah satu tips  menghafal rumus agar belajar makin mudah paling ampuh digunakan siswa. Contohnya saat kita hendak mencari luas balok maka rumus yang digunakan adalah L=2(p.l+p.t+l.t). Rumus tersebut akan lebih mudah diingat jika rumusnya diganti dengan kalimat ‘dua dikali palu ditambah pete ditambah lontong’. Jadi ingat makanan. Dengan begitu siswa akan lebih mudah menghafal rumus menggunakan kalimat yang biasa dipakai sehari-hari.

Itulah sedikit tips menghafal rumus agar belajar makin mudah sampai luar kepala yang telah diterapkan oleh siswa-siswi dalam menghadapi berbagai macam ujian. Dengan tips tersebut diharapkan anak didik Anda dapat memiliki nilai dan pemahaman Matematika yang tinggi sehingga dapat menjuarai berbagai macam perlombaan atau olimpiade baik dari bidang akademik maupun non akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar