Rabu, 06 Maret 2019

Tips Buat Kalian Para Pemula Yang Mau Naik Pesawat Terbang


Bagi anda yang berencana melakukan perjalanan jauh namun ingin lebih cepat dan ama maka pesawat terbang merupakan solusinya. Selama ini pesawat terbang menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat Indonesia terutama yang sering melakukan perjalanan jauh. Meskipun begitu ternyata tidak semua orang pernah menaiki pesawat terbang. Bagi anda yang belum pernah nak pesawat terbang pasti akan bertanya-tanya bagaimana proses booking tiket pesawat murah sampai dengan  menaiki pesawat tersebut. Sebab ternyata prosedur naik pesawat terbang jauh berbeda dengan jenis transportasi lainnya.

Bagi anda yang berencana ingin naik pesawat terbang maka anda harus mengetahui beberapa prosedur penting mengenai penerbangan tersebut. Jangan sampai perjalanan anda gagal karen anda tidak mengerti hal-hal apa saja yang harus anda lakukan saat tiba di bandara sebelum menaiki pesawat terbang tersebut. Bagi anda para pemula yang akan naik pesawat terbang maka berikut ini ada beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan.
1.      Persiapkan Tiket Pesawat dan Identitas Anda
Sebelum anda menaiki pesawat maka silakan booking tiket pesawat murah melalui situs pemesanan tiket online atau bisa juga melalui agen travel. Ketika anda booking tiket tersebut maka sesuaikan jam keberangkatan dengan situasi dan kondisi anda. Selain itu persiapkan identitas anda untuk mempermudah proses pemesanan tiket.
2.      Kuota Bagasi yang Anda pilih
Biasanya setiap maskapai mempunyai limit bagasi yang berbeda. Dalam hal ini anda harus memperkirakan berat barang bawaan anda agar sesuai dengan limit maskapai tersebut. Bila barang bawaan anda melebihi limit maka akan ada tarif tambahan per kilogram-nya.
3.      Jangan Salah Terminal
Bagi pemula sebaiknya silakan cek tiket pesawat yang sudah anda beli. Cek di bandara mana serta terminal berapa yang harus anda datangi. Hal ini untuk mencegah salah terminal yang membuat anda ketinggalan pesawat.
4.      Datang Lebih Awal
Bagi pemula sebaiknya datang lebih awal ke bandara setidaknya 2 jam sebelum jam keberangkatan. Cek pula jam boarding pass pesawat anda yang biasanya sekitar 30 menit sebelum jam keberangkatan. Karena akan ada banyak hal yang harus anda urus di bandara maka jangan sampai anda ketinggalan pesawat.
5.      Mengetahui Barang-Barang yang Dilarang Dibawa
Terdapat beberapa jenis barang yang tidak boleh masuk kabin pesawat diantaranya benda tajam, korek api atau rokok elektronik yang harus masuk ke bagasi.
6.      Check-In di Loket Sesuai Maskapai
Sesudah anda melewati security check awal maka anda harus menuju loket chek in. Di loket ini anda harus melakukan boarding pass dan penimbangan barang bawaan yang berukuran besar sebelum masuk ke bagasi. Saat menukar boarding pass, anda bisa meminta pada petugas untuk memberikan kurs yang nyaman.
7.      Cek Gate Keberangkatan
Biasanya gate keberangkatan tertera pada boarding pass dengan begitu anda bisa lebih dekat saat menunggu jam penerbangan sehingga anda tidak akan ketinggalan pesawat.
8.      Mendengarkan Pengumuman Status Pesawat
Informasi status penerbangan akan diumumkan secara terbuka sehingga anda harus mendengarkan secara cermat agar tidak ketinggalan pesawat.
9.      Siapkan KTP dan Boarding Pass Ketika Akan Masuk Pesawat
Sebelum menaiki pesawat biasanya petugas akan mengecek boarding pass dan KTP anda. Persiapan tersebut membuat anda tak perlu repot mengeluarkannya dari tas.
10.  Cari Tempat Duduk Sesuai yang Tertera di Boarding Pass
Jangan sampai salah tempat duduk karena nomor kursi biasanya akan tertera di boarding pass.
11.  Memperhatikan Instruksi Keselamatan
Sebelum pesawat lepas anda, akan ada instruksi keselamatan yang disampaikan oleh pramugari yang sangat penting anda perhatikan.
12.  Mengambil Tas Di bagasi
Ambilah barang bawaan anda di bagasi sesuai nomor penerbangan dan pastikan barang anda tidak tertukar dengan milik orang lain.
Dengan memperhatikan tips di atas maka kini anda tak perlu bingung bila ingin naik pesawat. Bila anda masih merasa bingung maka jangan ragu untuk bertanya pada petugas di bandara yang akan selalu siaga melayani para penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar