Minggu, 28 April 2019

Jeruk Baby, Sahabat MPASI Bayi


Jeruk Baby, Sahabat MPASI Bayi – Menjadi seorang ibu merupakan status yang memberikan pengalaman berbeda bagi seorang wanita setelah ia menikah dan punya anak. Segala hal yang terkait dengan bayi akan terasa menyenangkan dan membuat penasaran. Terlebih bagi orang tua baru, pengalaman tentang kehamilan, menyusui, bahkan menyiapkan makanan pendamping ASI atau MPASI sangat menguras perhatian.

 jeruk baby
Baca juga artikel lain di : http://rani133.student.unidar.ac.id/
Semua info diserap dan ingin dipraktikkan dalam memberi asupan makanan untuk bayinya. Kombinasi segala jenis buah, sayuran hijau, karbohidrat, protein nabati, dan hewani dipertimbangkan dengan matang agar anak dapat gizi seimbang sesuai dengan panduan menu MPASI yang benar.
Buah jeruk baby termasuk salah satu jenis buah yang ramah bayi. Ia bisa menjadi salah satu menu pilihan saat pemberian MPASI saat berumur 6 bulan. Berikut beberapa variasi dari buah lokal ini, yang bisa disesuaikan dengan kondisi anak saat MPASI tiba.

Berikan Air Jeruk Baby

Bagi bayi 6 bulan, makan adalah sesuatu yang baru. Konsep tentang makan belum ia miliki karena selama 6 bulan pertama hanya kenal dengan ASI. Pada tahap awal, pemberian air jeruk baby sudah cukup untuk pengenalan. Pastikan buah yang diberikan manis, agar perut bayi tidak kaget dengan keasaman dalam jeruk dan dapat menikmati buah segar ini dengan gembira.

Berikan Potongan Buah Jeruk Baby untuk Finger Food

Bayi yang sudah menginjak usia 8 bulan ke atas, sudah bisa dikenalkan dengan jenis finger food atau makanan yang mudah digenggam. Ia sudah cukup latihan dengan makanan selama dua bulan, sehingga pemberian menu buah dapat divariasikan agar anak tidak bosan. Dengan memberikan potongan buah, maka kandungan gizi yang ia peroleh juga semakin lengkap. Menu ini juga bisa diberikan untuk jenis buah yang lain.

Puree Mangga dan Jeruk Baby

Saat menjadi ibu, terkadang tanpa disadari ia menjadi seseorang yang lain. Pada awalnya sangat awam dengan dunia memasak, setelah jadi ibu mendadak ia bisa jadi chef untuk anaknya. Untuk MPASI, sang ibu biasanya akan bergelut di dapur demi menyiapkan makanan si kecil. Buah jeruk baby bisa dikreasikan dengan campuran buah mangga. Diblender hingga setengah halus, kemudian bisa ditambahkan ASI perah agar lebih lezat. Lihatlah ekspresi si kecil saat menyantapnya!

Puree Pepaya dan Jeruk Baby

Menu ini mudah dibuat. Hanya dengan memotong pepaya dan memblendernya dengan perasan air jeruknya, maka menu puree siap dihidangkan. Cek juga kondisi perut anak setelah memakannya, karena buah pepaya yang berserat tinggi berpotensi membuat anak sembelit. Beri air putih secukupnya untuk mengimbangi hal tersebut.

Bubur Pir Saus Jeruk Baby

Menu bubur juga bisa menjadi alternatif lain dalam pemberian MPASI.  Siapkan tepung beras, buah pir, dan air perasan jeruk. Setelah itu masak tepung beras hingga mengental menjadi bubur, tuangkan buah pir yang sudah diblender ke dalamnya, tunggu sampai matang. Sajikan bersama air perasan jeruk baby di atasnya sebagai saus pelengkap.

Kegiatan pemberian MPASI ini menjadi salah satu momen terbaik bagi ibu dan anak. Kedekatan keduanya bisa semakin terlihat saat proses makan terjadi. Anak-anak pada usia ini masih dalam tahap belajar merasakan, mengunyah, dan berkenalan dengan makanan saat kondisi gigi yang belum tumbuh secara merata.

Kesabaran seorang ibu dituntut saat menyuapi anaknya. Ada kalanya anak-anak sedang tidak bernafsu makan sehingga terjadi GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Tidak perlu cemas, karena hal itu lumrah terjadi saat masih belajar makan. Cukup berikan makanan yang ia suka atau variasikan menu makannya dengan olahan jeruk baby lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar