Senin, 22 April 2019

Ini Alasan Kenapa Traksi Ban Pada Kendaraan Sangat Penting


Saat berkendara, jalanan tidak selalu berada dalam kondisi kering atau landai. Kadang jalanan yang kita lalui mengalami basah akibat hujan, atau kondisi medan jalan yang menanjak. Kondisi ini membuat kita akan memberikan beban lebih banyak kepada mekanisme pengereman mobil.

Traksi Ban
Baca juga artikel lain di : http://rani133.student.unidar.ac.id/

Pernah kah anda semua mengalami kondisi berhenti di jalanan menanjak kala hujan, lalu kendaraan anda seolah mundur walau sudah mengaktifkan tuas rem tangan? atau ketika hendak melaju di jalan licin, ban mobil anda seolah berputar sejenak dan kendaraan tidak serta merta melaju seketika? 


Tentu akan sangat berbahaya bukan? Apalagi bila kendaraan tidak dilengkapi dengan asuransi kendaraan terbaik, pastinya semua biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan akan sangat besar. Bila telah mengasuransikan kendaraan, Anda hanya perlu melakukan klaim asuransi ke perusahaan yang bersangkutan.

Kondisi ini bisa jadi muncul akibat kondisi ban anda yang kehilangan traksi. Bila dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan terburuk adalah terjadi risiko kecelakaan.

Apa itu Traksi Ban?

Traksi adalah resistensi antara ban mobil dan tanah (jalan) sebagai reaksi terhadap torsi yang diberikan oleh poros roda di bawah tenaga mesin. Saat mesin memberikan daya putar pada poros roda, karet ban akan bertugas mencengkram area jalan yang akhirnya memberikan daya dorong untuk menggerakan kendaraan kita.

Air, minyak, pasir dan kerikil adalah musuh dari traksi, karena hal-hal tersebut memungkinkan roda berputar tanpa menggigit tanah dan menghasilkan gesekan yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Pola tapak juga memberikan sumbangsih untuk sebuah traksi yang bagus. Sesuai dengan tujuannya, berfungsi menyalurkan air ke sisi-sisi ban akibat gaya sentrifugal, dan membuat air menjauh dari pusat ban.

Mengapa Sangat Penting Memperhatikan Traksi Ban Mobil?

Memilih ban mobil dengan traksi yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sebuah alasan bijak demi kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Kenyamanan berkendara termasuk didalamnya soal penghematan bahan bakar dan efisiensi mesin. Jangan hanya karena ban yang memiliki traksi rendah, membuat mobil memberikan daya dorong yang berlebihan hanya agar bisa bergerak.

Traksi pada ban mobil berbeda-beda, hal ini di kelompokan berdasarkan jenis kendaraan yang anda gunakan. Kami berikan contoh salah satu produk ban dari bridgestone indonesia dengan seri Dueler. Dueler menggabungkan traksi tinggi dan ketangguhan yang diperlukan untuk kendaraan Four Wheel Drive (4WD). Di saat yang sama, memberikan performa berkendara yang optimal, kenyamanan, dan keandalan untuk aneka jenis kendaraan.

Bridgestone memilik beberapa seri ban mobildengan traksi yang bisa anda sesuaikan berdasarkan jenis kendaraan yang anda miliki. Untuk melihat rekomendasi ban apa yang cocok, anda bisa melihatnya dari daftar harga ban mobil yang tersedia.

Pemilihan ban dengan traksi yang sesuai jenis kendaraan tentu akan memberikan nilai tambah dalam berkendara yang aman dan nyaman, oleh sebab itu percayakan pilihan anda dengan ban yang berkualitas dari bridgestone. Untuk membeli ban tersebut, anda bisa menghubungi bengkel atau toko ban yang menjadi jaringan resmi TOMOnet sebagai authorized merchan penjualan ban bridgestone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar