Minggu, 05 Mei 2019

Kenali, Ini Dia Kerusakan Mesin Kendaraan dari Warna Asap Knalpot

Kenali, Ini Dia Kerusakan Mesin Kendaraan dari Warna Asap Knalpot. Jika sebuah kendaraan yang sehat, maka asap knalpot itu seharusnya tidak mengeluarkan warna. Saat mengalami kerusakan, maka mobil dapat memberikan sinyal pada sang pemilik dengan banyak cara. Memang hal ini belum banyak yang tahu, kerusakan ini pun ternyata dapat dideteksi dari warna asap knalpot. Beda warna, maka beda pula kerusakan yang terjadi.

Kerusakan Mesin Kendaraan 
Baca juga artikel lain di : http://rani133.student.unidar.ac.id/

Mengetahui sebuah kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda bisa dilihat pada berbagai macam warna asap knalpotnya. Berikut ini ada beberapa warna asap knalpot yang bisa Anda ketahui antara lain :

Asap Berwarna Putih

Warna asap knalpot putih itu ada dua macam yaitu asap putih tipis dan asap putih tebal. Jika yang keluar dari knalpot merupakan putih tipis, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab, proses pembakaran dan aliran pembuangan knalpot masih terbilang cukup bersih.

Namun, jika Anda melihat asap putih tebal, itu berarti ada masalah dalam sistem pembakaran di kendaraan Anda. Penyebabnya, bisa karena ada oli yang masuk ke ruang pembakaran kendaraan Anda. Anda sebaiknya segera untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi. Sebab, oli itu bisa akan keluar lantaran ada kebocoran pada seal klep atau ring piston.

Asap Berwarna Kebiruan

Jika Anda melihat asap knalpot berwarna biru keluar dari knalpot, maka hal itu menandakan ada sedikit oli yang terbakar dalam mesin. Diduga, ada sebuah kerusakan pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau biasa disebut juga dengan blown gasket. Penyebab lainnya yait katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Selain itu, jika kendaraan Anda telah dilengkapi dengan turbo, maka asap warna biru itu bisa menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil Anda harus segera diganti.

Asap Berwarna Abu-abu

Jika warna asap yang keluar dari knalpot itu berwarna abu-abu, maka diduga katup PCV kendaraan Anda macet. Asap warna ini bisa menandakan bahwa katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Fungsi katup PCV tersebut  untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk dari ruang mesin ke intake manifold.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai seputar otomotif dan berbagai macam tekniknya maka bisa langsung ke www.teknikotomotif.co.id

Asap Berwarna Hitam

Jika asap knalpot kendaraanknalpot Anda berwarna hitam, maka biasanya disebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Hal itu membuat adanya sisa pembakaran yang keluar melalui knalpot. Hal pertama yang harus Anda periksa yaitu melihat kebocoran kompresi, nyala api busi yang kecil, karburator bermasalah, ataupun filter udara kotor.

Anda pun harus segera membawa kendaraan tersebut ke bengkel agar kerusakan tersebut segera diatasi. Sebab, sebuah kondisi seperti ini akan sangat berpengaruh pada konsumsi BBM yang bisa lebih boros.

Meskipun demikian, apapun warna asap yang keluar dari mobil Anda, maka segeralah untuk membawanya ke bengkel. Jangan biarkan kejadian ini berlangsunguntuk cukup lama, karena jika terus dibiarkan maka akan lebih merusak kendaraan Anda.

Pengecekan Asap Knalpot Sebelum Membeli Mobil Bekas

Saat Anda memilih mobil bekas, maka memeriksa warna asap knalpot juga merupakan salah satu langkah terpenting. Hal ini  harus dilakukan sebelum Anda melakukan pembelian. Seperti yang sudah dibahas di atas, maka warna asap knalpot yang tidak normal yaitu indikasi kerusakan pada komponen mesin. Apalagi jika asap knalpot tersebut ngebul atau berwarna putih pekat. Maka kemungkinan besar mesin mobil bekas incaran Anda tersebut perlu engine overhaul yang akan menghabiskan biaya besar.

Bila warna asap knalpot sudah mulai terlihat mencurigakan, maka ada baiknya gunakan tenaga yang ahli agar kerusakan segera bisa ditangani. Dan Anda tidak mengalami sebuah kerugian yang besar ke depannya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar