Senin, 15 Juli 2019

Apa Saja Manfaat Hiking untuk Kesehatan?


Hobi mendaki gunung atau hiking saat ini makin digemari banyak kalangan wisatawan. Tak hanya milenial, keluarga yang mengajak anak-anak dan lansia juga senang untuk hiking bersama. Selain menyegarkan pikiran, hiking ternyata memberikan manfaat ekstra berupa latihan kardiovaskular yang baik.

 SehatQ.com
Baca juga artikel lain di : http://rani133.student.unidar.ac.id/
Perjalanan terjal berliku yang ditempuh selama hiking, seolah terbayarkan dengan panorama indah sepanjang pendakian. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari hiking:

Hiking Tingkatkan Kesehatan Kardio

Seperti berjalan cepat, hiking turut meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda. Terutama jika rute yang dilalui adalah bukit, sehingga memaksa jantung untuk bekerja lebih keras. Pendakian di permukaan yang terjal juga melatih otot inti dan mengasah keseimbangan tubuh.
Namun, bagi orang yang mengalami gangguan penglihatan atau keseimbangan tubuh, sebaiknya gunakan tongkat khusus trekking yang memberikan keamanan tambahan selama mendaki. Gunakan bagian kutub tongkat yang dilengkapi sejenis logam berduri, ketika berjalan di medan yang licin atau terjal. Anda juga bisa menancapkan tongkat di tanah untuk mengurangi beban dari sendi lutut, saat harus melewati jalur yang menanjak.

Meringankan Stres

Manfaat lain hiking yang langsung bisa dirasakan adalah ketenangan pikiran dan melupakan sejenak semua masalah atau stres yang dialami. Melihat panorama alam yang hijau, perbukitan asri serta udara menyegarkan paru-paru, tingkat stres pun langsung merosot tajam.
Apabila stres menurun, maka tekanan darah juga dapat lebih stabil. Sehingga, organ jantung bisa berfungsi dengan lebih baik. Semua pendaki setuju, bahwa berada alam rimba yang segar mampu memberikan kedamaian sejati untuk fisik dan mental.  
Hiking atau berkemah di tengah hutan pinus bersama orang-orang terdekat juga mampu meredam stres, karena aroma menyegarkan yang dihasilkan oleh pohon pinus. Oleh karena itu, saat ini di Amerika Serikat banyak komunitas yoga yang melakukan kegiatan di dekat hutan pinus, agar efek kebugaran fisik dan mental lebih maksimal.

Tips Hiking yang Menyenangkan

·         Jika Anda mendaki berkelompok atau bersama pasangan, pastikan untuk membawa peta atau kompas yang bisa menunjukkan arah. Namun jika Anda mendaki sendirian, beritahu keluarga atau petugas di pos pendakian, tentang rencana untuk kembali.
·         Kenakan sepatu khusus hiking. Anda bisa juga memakai sandal gunung maupun sepatu boots yang nyaman dan pas dengan ukuran kaki. Kenakan juga kaos kaki agar kaki tetap terlindung dan bersih.
·         Tetap terhidrasi. Jaga kebutuhan cairan tubuh dengan meminum banyak air selama perjalanan. Terutama jika cuaca sedang panas atau terik.

Temukan Spot Menarik di Sekitar Pendakian

Jadi, Anda berencana hiking bersama keluarga pada liburan akhir pekan berikutnya? Tak perlu bingung, ada banyak taman nasional atau camping ground di kota Anda yang bisa dikunjungi. Jangan lupa mengeksplor media sosial untuk menemukan spot menarik di sekitar lokasi pendakian. Cari berbagai informasi mengenai izin pendakian, agak rencana hiking Anda tidak sia-sia.
Nah, ikuti beberapa tips lainnya di situs SehatQ.com untuk mendapatkan manfaat hiking lainnya, sekaligus pengalaman menyenangkan berolahraga di alam bebas. Stay fit and healthy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar