Selasa, 30 Juli 2019

Tujuan Utama Perlu Dilakukannya IMC


Belakangan ini mulai banyak perusahaan yang mencari tahu berbagai informasi mengenai IMC. Apa itu integrated marketing communication? Ya, integrated marketing communication merupakan kepanjangan dari IMC. IMC belakagan ini memang sudah menjadi trend dikalangan perusahaan, hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan IMC. Kenapa IMC mulai banyak diterapkan? Berikut ini penjelasannya.



IMC merupakan sebuah komunikasi yang di dalamnya terdapat pesan – pesan yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pasar dan juga melakukan pengelolaan hubungan yang mampu membuat citra yang lebih baik pada sebuah produk. Alasan banyaknya perusahaan yang mulai mengguakan IMC ini adalah banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang menerapkan IMC maka akan merasakan bahwa proses pemasaran menjadi lebih menghemat waktu dan biaya. Hal ini tentu saja akan menguntungkan proses pemasaran yang harus dilakukan.

Keuntungan – keuntungan yang bisa didapatkan dari IMC ini tidak terlepas dari berbagai komponen dibalik terbentuknya IMC tersebut. Ada 5 komponen yang membuat IMC ini mampu menjadi jalan terbaik untuk melakukan pemasaran, tentu anda tahu bahwa kunci keberhasilan dari sebuah pemasaran adalah adanya komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli. Maka dari itulah mulai banyak perusahaan yang menerapkan IMC. Untuk bisa menerapkan IMC ini tentu saja anda harus mengetahui berbagai hal terkait dengan komunikasi terpadu tersebut sehingga anda bisa mencapai tujuan asli dari IMC. 

Sudah tahu apa tujuan dari IMC? Ya, IMC sendiri mempunyai tujuan untuk mempengaruhi masyarakat atau target melalui promosinya untuk bisa mencapai tahap kognisi, affeksi, dan tahap konasi. Pada intinya adalah mencapai satu titik dimana masyarakat atau target tersebut mampu tertarik dengan produk yang ditawarkan. Ketika ada perusahaan yang ingin menerapkan IMC maka perusahaan tersebut harus mengetahui proses perencanaannya. Inilah beberapa proses perencanaan yang bisa anda lakukan ketika ingin menerapkan IMC :
  • Identifikasi konsumen dan jangan lupa identifikasi juga kemajuannya.
  • Perkirakan mengenai jumlah konsumen dan selalu dipantau nilai kemajuannya.
  • Siapkanlah rancangan komunikasi yang berisi pesan – pesan yang akan disampaikan kepada masyrakat.
  • Perhitungkan dana yang akan masuk dari konsumen nantinya.
  • Lakukan evaluasi terhadap berbagai hal yang telah anda lakukan sehingga akan tahu bagaimana permintaan konsumen terhadap barang tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan ketika ingin menjalankan IMC di perusahaan anda. Terjalinnya komunikasi yang baik tentu tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu anda ketahui sebelumnya. Setelah anda mampu menjalankan IMC di perusahaan anda, masih ada tugas lainnya yang harus anda lakukan yakni mengamati proses mengelola IMC tersebut. Jangan sampai IMC yang anda lakukan tidak sesuai dengan tujuan, maka dari itu anda perlu melakukan pengelolaan terhadap proses IMC. Ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk pengelolaan IMC tersebut, berikut ini ada 7 langkah pengelolaan IMC yang bisa anda perhatikan :
  •  Review Of Marketing Plan.
Tugas yang harus dilakukan di langkah ini adalah mempersiapkan data internal dan eksternal. Data internal ini meliputi organisasi dan juga berbagai atribut yang dibutuhkan produk. Selain data eksternalnya meliputi target penjualan, market, dan juga kompetisinya.

  • .  Analysis Of Promotional Program.

Tugas pada langkah ini adalah perusahaan harus melakukan analisis kelebihan dan juga kelemahan data, menemukan permasalahan, dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
  •     Analysis Of Communication Process.

Dalam langkah selanjutnya, harus dilakukan beberapa perencanaan seperti enganalisis mengenai tanggapan penerima informasi, tahap pengiriman informasi, dan media yang digunakan untuk menyalurkan informasi.
  •    Budget Determination

Perencanaan anggaran akan dilakukan dengan top-down.
  •    Develop IMC Program

Kembangkan komunikasi yang telah berjalan dengan baik.
  • Integrated and Implement IMC

Melaksanakan strategi marketing mix, membuat sebuah iklan, dan melaksanakan desain yang sesuai dengan program yang telah ditetapkan.
  • Monitoring, Evaluate, and Control IMC Program.

Evaluasi kembali mengenai pekerjaan yang telah anda lakukan, apakah sudah efektif untuk dilanjutkan kembali dan apakah sudah berjalan sesuai dengan strategi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar