Jumat, 20 September 2019

Pengetahuan Dan Teknologi Menghadirkan Napas Baru Bagi Manusi



Sekarang semuanya telah berubah, pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan napas baru bagi umat manusia untuk mengatasi berbagai masalah saat pemaparan menteri kuliah di Kongres Teknologi Nasional 2019 yang Diadakan di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memegang peranan penting untuk masa depan peradaban umat manusia. Tidak ada pilihan lain bagi anak bangsa selain bekerja keras, bekerja cerdas, dan selalu meningkatkan kualitas SDM bangsa melalui adopsi ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, masa depan dunia tidak lagi berada di ruang fisik, tetapi pada tataran virtual.
Di mana tantangan kedua ini perlu dikelola dengan baik agar Indonesia mampu meraih keemasannya pada 2045. "Postur SDM yang berpikiran maju, inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi akan menjadi tonggak kekuatan utama bangsa," ujar Syafruddin. Revolusi industri 4.0 akan menjadi ruang dan area bermain utama bagi generasi milenial dalam upaya pembangunan bangsa di masa mendatang.
"Ibarat ekosistem dan ekosistem, yang paling cocok hidup dalam era habitat digitalisasi dan virtualisasi generasi pertama, bagi mereka bangsa nasib ini akan bertumpu," ungkap mantan Wakapolri ini. Saat ini, banyak negara dari berbagai belahan dunia berlomba memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dan menjawab tantangan zaman.
Arab Saudi melalui tangan dingin Putra Mahkota Pangeran Mohammed Bin Salman mereformasi tatanan negara dan Arah pembangunan Arab Saudi yang tidak lagi memerlukan pasokan minyak bumi. Jepang merencanakan manusia dengan robot dan memanfaatkan kecerdasan buatan. "Tidak ada lagi waktu untuk anak bangsa untuk berpangku tangan, setiap elemen harus lolos untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi.
Terkait hal itu, pemerintah akan melakukan percepatan penerapan SPBE pada lembaga pusat dan daerah untuk mewujudkan Indonesia 2045 yang maju dan modern. Tim koordinasi SPBE nasional saat ini sedang berjuang maksimal dalam percepatan penerapan SPBE di bidang penggabungan berbasis kinerja, kepegawaian, kearsipan, pengaduan masyarakat dan infrastruktur TIK agar dapat diakses dalam 2 Sedangkan infrastruktur TIK akan selesai dalam kurun waktu 3 tahun.
Kemenpan-RB akan melaksanakan KTT E-Gov pada 28 Maret 2019 untuk membahas capaian peningkatan pelaksanaan SPBE pada lembaga pusat dan daerah. "Melalui E-Gov Summit merupakan sarana untuk melakukan perbaikan serta menjamin kualitas pelaksanaan SPBE agar dapat memadukan antara kebijakan, tata kelola dan layanan yang telah ada di lembaga pusat maupun
Pada kesempatan tersebut, Syafruddin mengatakan BPPT memiliki peran penting dalam manajemen SPBE, Audit teknologi informasi dan komunikasi serta memastikan alih teknologi yang mendorong peningkatan, efisiensi, dan keberlanjutan SPBE.
Kondisi ini tentunya didukung oleh semakin terbukanya akses terhadap teknologi dan informasi yang diperlukan oleh para wanita untuk menjadikan dirinya lebih maju. Hasil studi yang dilakukan oleh Academy for Educational Development bahwa dari data sekitar 30 negara, penggunaan internet di negara-negara berkembang kurang dari 1% dari total penduduk. Penyebab, untuk membuat suatu perubahan dengan menerapkan SPBE membutuhkan kerja keras, komitmen kuat dan semangat pantang menyerah.
Teknologi dapat meningkatkan kinerja ekonomi suatu negara melalui peningkatan produktivitas, inovasi dan efisiensi. Namun demikian, ibarat dua sisi mata uang, gelombang kemajuan teknologi juga menciptakan banyak gangguan (disruptions). Oleh karena itu, untuk mencegah gangguan kemajuan teknologi ini, sebuah negara harus menjadi negara yang siap Cara Bermain Poker.
Lebih lanjut, Menkeu juga memaparkan 5 (lima) hal untuk membuka kunci kesejahteraan melalui teknologi terbaru dari meningkatkan hasil pertanian, menjadi mata rantai produksi global yang baru, menciptakan jasa perdaganganglobal, menghubungkan sektor informal ke sektor formal, ekonomi domestik yang beragam dan terhubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar