Selasa, 24 September 2019

Perkembangan Transportasi di Indonesia Sebelum dan Sesudah Zaman Penjajahan



Dalam Sejarah perkembangannya manusia selalu mengalami perubahan. Baik dalam beberapa hal manusia selalu dituntut untuk bisa bertahan hidup. Terciptanya system teknologi, melalui dibuatnya peralatan dengan berbagai kebutuhannya untuk bertahan hidup, kini berubah sebagai alat untuk memudahkan manusia bertahan hidup dan menjalaninya,bahkan sebagai prestise dan gaya hidup.
Teknologi dipahami sebagai segala sesuatu yang menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Setiap ibu kota di berbagai negara, akan meningkatkan kualitas dalam segi apapun tak terkecuali masalah transportasi umum.

Berawal dari rasa keingintahuan manusia terhadap lingkungannya dan mencari tempat yang dapat dihuni untuk memenuhi segala keinginannya, manusia menciptakan alat transportasi. Keinginan untuk hidup dan hidup lebih mendorong terciptanya penjajahan dan penindasan terhadap yang lain.
Setelah datangnya bangsa asing transport tasi di Indonesia mulai menggunakan alat gerobak yang beroda. Kemudian perkembangan transportasi Indonesi semakin maju ketika Indonesia mulai dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda.

Setelah datangnya bangsa asing transporttasi di Indonesia mulai menggunakan alat gerobak yang beroda.Kemudian perkembangan transportasi Indonesia semakin maju ketika Indonesia mulai dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda.

Kolonial Belanda memperkenalkan sebuah permainan yang popular di negaranya yaitu permainan idn poker yang dimainkan oleh kaum Bangsawan berdarah biru,para pejabat dan kalangan kelas atas didalam acara resmi,kumpul keluarga atau di pertandingan.

Permainan ini merupakan warisan budaya Eropa sangat digemari, mudah dimainkan dan sangat menarik perhatian.  

Kembali ke cerita perkembangan transportasi, pada masa itu Indonesia dipimpin oleh Rafles yang kemudian mengembangakan system transportasi Indonesia dengan membangun jalan raya yang membentang dari Anyer sampai Panarukan.

Disamping itu pemerintah Rafles juga membangun stasiun-stasiun kereta api di daerah-daerah kemajuan transportasi pada masa pemerintahan Inggris ini ditujukan untuk memperlancar distribusi hasil-hasil produksi industri Inggris ke Indonesia.

Setelah berakhirnya pemerintahan Inggris di Indonesia system transportasi di Indonesia lama kelamaan mengalami kemajuan.

Hal ini dilakukan karena keadaan wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh perairan. Kedua, memperlancar mobilitas arus perperpindahan penduduk, distribusi barang dan jasa serta informasi ke seluruh pelosok tanah air.

Hal ini dilaksanakan agar pemerintah Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi rakyat Indonesia untuk mengakses potensi-potensi daerah lain. Kebijakan transportasi pertama kali yang dilakukan pemerintah orde baru adalah melakukan ekspor alat transportsi umum berupa bus secara besar-besaran, pembangunan terminal-terminal, serta jalan-jalan raya penghubung antar daerah.
Pelaksanaan program ini dilakukan oleh Departemen Perhubungan. Kemudian pemerintah orde baru membentuk lembaga transportsi darat yaitu Perusahaan Jawatan Kereta Api dan perusahaan umum angkutan bus yang disebut Perum Damri.

Seiring dengan munsulnya era kebebasan perusahaan-perusahaan transportasi mulai berkembang. Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan transportasi di Indonesia. Disamping itu pemerintah Indonesia juga mendirikan pabrik karoseri atau pabrik perakitan alat-alat transportasi. jalan-jalan menjadi padat dengan bertambahnya alat-alat transportasi.

Adapun perkembangan transportasi di Indonesia di ketiga wilayah tersebut adalah sebagai berikut :
a)      Transportasi darat
·         Angkutan jalan raya
·         Angkutan kereta api
b)      Penyeberangan dan transportasi laut
c)      Transportasi udara
Dalam sejarah pembangunan ekonomi, konsep industrialisasi berawal dari revolusi pertama pada pertengahan abad ke-18 yang terjadi di Inggris, dengan penemuan metode baru untuk pemintalan, penenunan kapas, serta peningkatan faktor produksi yang digunakan.Semoga Industri Indonesia semakin maju dan semakin Berjaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar