Senin, 23 September 2019

Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah yang Tepat


Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah yang Tepat! Untuk bisa mewujudkan rumah impian tentu membutuhkan bantuan oleh orang yang ahli dibidangnya. Namun tetap saja bagi seorang arsitek yang profesional sekalipun, hal itu tidak bisa secara langsung bisa terwujud. Peran arsitek di sini adalah untuk mewujudkan ide dan kebutuhan Anda dalam bentuk proposal desain rumah yang Anda impikan.

Agar hal tersebut bisa tercapai, penting bagi Anda untuk memilih seorang arsitek yang tepat. Yaitu orang yang bisa mewujudkan desain rumah impian Anda. Untuk lebih jelasnya, simak tips memilih seorang arsitek rumah yang tepat berikut ini:

Lihat Portofolio sang Arsitek

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa arsitek rumah adalah dengan memperhatikan, mengamati dan menganalisa portofolio dari sang arsitek sebanyak-banyaknya. Cari tahu seperti apa karakter dan gaya desainnya, apakah sesuai dengan gaya dan desain yang Anda inginkan atau tidak. Seorang arsitek yang profesional akan mampu memberikan desain dengan kualitas gambar yang tidak murahan dan terlihat mirip dengan aslinya. Anda bisa langsung menghubungi sang arsitek jika merasa cocok dengan portofolio yang Anda lihat.

Kemukakan Ide kepada Beberapa Arsitek

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berinteraksi dengan beberapa arsitek sekaligus dan kemudian mengemukakan ide dan konsep mengenai rumah impian Anda. Pastikan arsitek yang Anda pilih adalah arsitek yang bisa menangkap semua ide yang Anda berikan. Selain itu, pastikan arsitek tersebut juga memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik yang memuaskan. Karena bagaimanapun juga, komunikasi dua arah yang selaras akan sangat dibutuhkan demi mewujudkan rumah impian Anda.

Libatkan PIhak Kontraktor

Ketika Anda sudah memiliki kontraktor yang tepat, jangan ragu untuk melibatkannya dalam pemilihan jasa arsitek rumah adalah hal yang tepat. Dengan pengalamannya sebagai seorang kontraktor, tentu memiliki banyak relasi dan pengalaman dalam bekerja sama dengan berbagai arsitektur dan juga jasa desain interior. Selain itu, kontraktor tersebut juga akan bisa memperkirakan gaya desain arsitektur mana yang cocok untuk menerapkan ide rumah impian Anda tersebut.

Minta Referensi Orang Terdekat

Jangan ragu untuk minta referensi dari orang terdekat yang pernah menggunakan jasa arsitek jika Anda belum bisa menemukan pilihan yang cocok. Dari pengalaman kerabat atau orang terdekat Anda tersebut sedikit banyak bisa memberikan gambaran akan jasa arsitek seperti apa yang Anda butuhkan. Tidak menutup kemungkinan gaya desain arsitek usulan kerabat Anda memiliki gaya desain yang sesuai dengan kriteria Anda.

Tanyakan Semua Hal Mendasar

Pastikan Anda menanyakan hal-hal mendasar seputar pembangunan rumah impian Anda. Misalnya saja, berapa biaya tarif jasa arsitek rumah dan bagaimana cara kerja yang biasa diterapkan oleh sang arsitek. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat proposal desain rumah, bagaimana sistem pembayarannya dan pertanyaan-pertanyaan mendasar lainnya.

Pastikan arsitek tersebut memiliki SPK (Surat Perjanjian Kerja) secara tertulis. SPK ini akan membantu kedua belah pihak jika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya arsitek belum mendapatkan upahnya atau arsitek tidak mau melakukan revisi desain rumah seperti yang Anda inginkan.

Untuk bisa mewujudkan rumah impian, yang Anda butuhkan adalah seorang arsitek yang mampu mewujudkan ide dan konsep desain rumah impian Anda. Temukan orang yang tepat dengan mengikuti tips di atas. Jangan ragu untuk meminta saran dari kontraktor atau orang terdekat Anda yang pernah menggunakan jasa arsitek rumah yang berpengalaman di bidangnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar