Rabu, 23 Oktober 2019

3 Jenis Historiografi yang wajib Kamu Ketahui


3 Jenis Historiografi yang wajib Kamu Ketahui! Sejarah selalu menjadi suatu pembahasan yang menarik. Karena dari sejarah kita bisa mengambil pelajaran dan dari sejarah ilmu bisa didapat. Dalam penyusunan fakta-fakta sejarah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar nantinya bisa tersusun dengan rapi.
jenis historiogrofi
Baca juga artikel lain di : http://rani133.student.unidar.ac.id/

Di internet sendiri, sudah banyak situs-situs yang membahas tentang beberapa sejarah dan sumbernya. Salah satu situs yang sering membahas sejarah adalah freedomsiana.id. Dalam situs tersebut, ada beberapa materi lain yang dibahas, seperti PKN, Agama, Bahasa Indonesia, dan Penjaskes.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas jenis historiogrofi. Sebelum mengenal jenis-jenisnya, terlebih dahulu kita bahas tentang pengertiannya. Historiografi sendiri merupakan sebuah kajian metode sejarawan dalam mengembangkan sejarah secara luas dan sebagai disiplin akademis.
Selain itu, historiografi juga bisa didefinisikan sebagai tulisan sejarah yang mempunyai sidat ilmiah maupun non ilmiah. Berdasarkan pembagian waktu dan zaman, maka historiografi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

Historiografi Tradisional

Jenis historiografi yang pertama adalah historiografi tradisional. Historiografi ini merupakan sebuah penulisan sejarah yang biasanya dilakukan oleh para satrawan atau pujangga keraton. Histografi tradisional sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu historiografi tradisional Hindu-Budha dan histografi tradisional islam.

Adapun ciri-ciri historiografi tradisional Hindu-Budha antara lain bersifat sentris, bersifat religiomagis, dan biasanya karya sejarahnya dibuat berbentuk terjemahan dari naskah-naskah India. Contoh dari historografi tradisional Hindu-Budha sendiri antara lain Babad tanah Jawi, kitab Mahabrata dan Ramayana, kitab Pararaton, Babad Arya Tabanan dan lain sebagainya. 

Sementara, ciri-ciri histogriografi Islam antara lain adalah telah mengenal unsur kronologi, terdapat unsur mitos, dan bersifat etnosentris. Adapun contoh dari salah satu jenis historiografi ini adalah Babad Tanah Jawi, Hikayat Aceh, Babad Demak dan Babad Giyanti.

Historiografi Kolonial

Historiografi kolonial merupakansalah satu historiografiyang penulisannya dibuat pada masa kolonial. Penulisan ini menitikberatkan pada kehidupan warga Belanda (Kolonial) yang tujuan penulisannya adalah sebagai penguatan kedudukan mereka di Indonesia.

Adapun ciri-ciri dari jenis historiografi yang satu ini antara lain bersifat subjektif, bersifat mitologis, memiliki sifat diskriminatif, mengabaikan sumber lokal dan mengandung hal-hal yang berkenaan dengan orang-orang besar.

Historiografi Modern

Historiografi modern tercipta sebab adanya tuntutan teknik untuk mendapatkan berbagai fakta sejarah. Biasanya, fakta sejarah yang didapat dengan cara menetapkan metode penelitian, menggunakan ilmu-ilmu bantu, adanya teknik pengarsipan dan rekonstruksi sejarah secara lisan.
Ada banyak ciri-ciri dari jenis historiografi antara lain bersifat metodologis, munculnya peran-peran rakyat kecil, dan bersifat kritis historis. Contohnya adalah pemberontakan petani Banten 1888 karya Sartono Kartodirdjo.

Kelebihan dari historiografi ini adalah menggunakan penulisan sejarah kritis, menggunakan pendekatan multidimensi, pandangan kosmologis dan religiomagis diubah menjadi pandangan yang sifatnya ilmiah dan menggunakan seluruh aspek kehidupan dan dinamika masyarakat Indonesia.
Kekurangan dari jenis histograriografi ini sendiri adalah kurang fleksibel, karena terlalu berpedoman pada metode ilmiah, belum mampu menjelaskan sejarah secara maksimal dan terkadang hanya berfokus untuk tujuan yang sifatnya akademis.

Dalam penulisan sejarah sendiri, historiografi dilakukan dengan tujuan untuk membuat penulisannya lebih tersusun dan sistematis. Jenis historiografi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu historiografi tradisional, historiografi kolonial dan historiografi modern. Setiap histroriografi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk mendalami berbagai jenisnya tersebut, kamu bisa mengaksesnya di situs freedomsiana, dalam situs tersebut jenisnya ini dibahas lebih detail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar