Rabu, 22 Juli 2020

Cara Aman Dapatkan Dana Darurat dari Aplikasi Pinjaman Dana Online


Sebelum kamu mengajukan pinjaman dana baik itu dari lembaga keuangan maupun dari perusahaan pinjaman online, ada baiknya kamu memahami dulu cara aman mendapatkan dana dengan benar. Terlepas apakah dana tersebut kamu gunakan untuk dana darurat, modal usaha, ataupun dana konsumtif lainnya.
Ada cukup banyak alasan mengapa keamanan menjadi salah satu prioritas penting. Salah satu diantaranya kamu harus memastikan bahwa kondisi finansial kamu memang baik serta perusahaan yang kamu pilih benar-benar kredibel sehingga tidak akan merugikan kamu di kemudian hari.
Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dan darurat supaya tetap aman dan bisa disetujui dengan baik:
1. Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan
Apapun jenis pinjamannya, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan ya. Hal yang paling lumrah diminta adalah batas umur minimal 18 tahun atau sudah menikah, memiliki KTP atau identitas diri, serta punya gaji atau pendapatan tetap setiap bulannya.
Bagi para pekerja bisa menunjukkan slip gaji dari kantornya. Sementara bagi para pekerja lepas, bisa menunjukkan penghasilannya lewat mutasi rekening bank yang dimiliki. Syarat minimum itulah yang menjadi parameter apakah pengajuan dana kamu akan disetujui atau tidak oleh lembaga keuangan.  
2. Sesuaikan jumlah dana yang dibutuhkan
Jangan main-main dengan utang jika kondisi keuangan kamu tidak begitu baik. Banyak orang yang tergoda untuk meminjam dalam jumlah besar tetapi tidak mempertimbangkan kemampuan finansial. Beberapa sumber memberikan batasan jumlah aman utang yang bisa diajukan.
Tolak ukurnya bisa dihitung dari pendapatan perbulan. Ajukan utang tidak lebih dari sepertiga penghasilan. Sebagai contoh, jika gaji kamu sebesar Rp5 juta, maka utang yang aman diajukan tidak lebih dari Rp1,5 jutaan. Dengan begitu, masih ada sisa dana yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. 
3. Punya history kredit yang baik
Riwayat keuangan seseorang kini menjadi salah satu yang paling berharga dalam dunia keuangan. Jika kamu sudah pernah terkena blacklist dari salah satu lembaga keuangan karena bermasalah dalam kredit sebelumnya, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari lembaga keuangan yang baru. 
Oleh karena itu, pastikan tidak melepaskan tanggung jawab jika bukan karena hal-hal yang sifatnya darurat ya. Dengan begitu riwayat kredit kamu pun akan baik sehingga memudahkan jika ingin mengajukan kredit lagi di kemudian hari.
4. Pastikan bayar tepat waktu supaya skor kredit baik
Salah satu poin yang memiliki kaitan erat dengan pembayaran adalah skor kredit. Skor kredit bisa diibaratkan sebagai raport keuangan kita di mata lembaga pinjaman. Jika ada orang yang kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan manapun, bisa jadi orang tersebut ada dalam daftar hitam keuangan. Untuk menghindarinya sih sederhana, pastikan bayar tepat waktu ya jika punya utang atau cicilan.  
5. Hanya memilih yang sudah terdaftar di OJK
Menurut data satgas waspada investasi menunjukkan ada sekitar 2406 entitas yang terjaring tidak memiliki izin selama periode tahun 2018 sampai dengan maret 2020. Artinya perusahaan-perusahaan ilegal akan terus muncul karena potensinya yang cukup menguntungkan bagi para oknum yang bisa memanfaatkan kelemahan debitur.
Untuk mengurangi kelemahan tersebut, salah satu kuncinya sebenarnya ada di keputusan debitur itu sendiri dengan hanya memilih perusahaan pinjaman yang terdaftar di OJK. Langkah tersebut adalah langkah yang bijak serta melindungi debitur dari kejahatan digital. 
Nah, supaya aman dari berbagai modus, pilih perusahaan pinjaman online seperti Kredivo. Kredivo telah terdaftar resmi dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia sebagai salah satu perusahaan fintech yang berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.
Jika kamu tertarik mengajukan pinjaman lewat aplikasi Kredivo, persyaratan berikut ini harus kamu penuhi ya:
  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan
Kredivo yang memberikan kredit limit hingga Rp30 juta per member. Pinjaman uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk apa saja kok, tidak terbatas hanya kebutuhan modal. Contohnya untuk kebutuhan darurat seperti biaya pengobatan, renovasi rumah, hingga kebutuhan mendesak lainnya. Bunganya 2,95 % per bulan dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. 
Kredivo memberikan kemudahan pinjaman dana cepat secara online hanya lewat aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store maupun App Store. Dana cepat cair langsung ditransfer kepada rekening member secara online tanpa harus bertatap muka. Semua proses benar-benar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja secara online. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar